19 June, 2009

Trik Menampilkan Recent Comment di Blog

Banyak cara untuk Mengetahui siapa saja yang sudah mengunjungi blog kita, seperti Chat Box, Friend Google Connect / Followers, Komentar dan lain - lain. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui pengunjung terbaru dan mempererat tali persahabatan kita antara sesama blogger. Dengan begitu, kamu juga dapat membalas berkunjung ke blog yang sudah berkenan membaca blog kamu. Tentunya trafik Blog kamu akan meningkat seiring banyaknya kunjungan dari para blogger/netter. Pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai Trik menampilkan Komentar terbaru di blog yang sedang kamu kelola. Cara ini sangat sederhana karena kode yang akan dimasukkan tidak terlalu banyak.
Ada dua cara untuk trik ini, silahkan kamu pilih salah satu dari dibawah ini :

A. Recent Comment dengan RSS Feed

Untuk menampilkan Recent Comment dengan tampilan seperti berita, kamu bisa ikuti langkah - langkahnya :

1. Login ke blog kamu
2. Masuk Ke Menu Layout > Page Element
3. Pilih Sidebar yang akan kamu jadikan sebagai tempatnya, lalu Klik "Add a Gadget"
4. Setelah keluar tampilan menu Gadget, silahkan kamu Pilih "Feed"
5. Masukkan alamat rss dari komentar kamu, seperti contoh dibawah ini :

http://aagen-blog.blogspot.com/feeds/comments/default

Silahkan kamu Ganti URL yang berwarna Biru dengan Alamat Blogmu
Jika ingin menampilkan Postingan terbaru, kamu ganti kata yang berwarna merah dengan posts


B. Recent Comment yang Dimodifikasi

Maksud dari Recent Comment yang dimodifikasi adalah kamu memasukkan suatu script HTML / Javascript secara manual. Adapun untuk tutorialnya seperti berikut :

1. Login ke blog kamu
2. Masuk Ke Menu Layout > Page Element
3. Pilih Sidebar yang akan kamu jadikan sebagai tempatnya, lalu Klik "Add a Gadget"
4. Setelah keluar tampilan menu Gadget, silahkan kamu Pilih "HTML/Javascript"
5. Masukkan Kode dibawah ini :

<div style="overflow:auto; width:100%px; height:200px; padding:0px 0px 0px 5px; border:0px solid #FFF;">

<script style="text/javascript" src="http://aagenblog.host56.com/scriptblog/aagen-blog_comment.js"></script>
<script style="text/javascript">var a_rc=20;var m_rc=false;var n_rc=true;var o_rc=250;</script>
<script src="http://aagen-blog.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments"></script>

</div>


Semua kode yang berwarna merah, silahkan disesuaikan dengan blogmu :
Height bisa kamu sesuaikan dengan tinggi sidebar yang kamu mau
http://aagen-blog.blogspot.com bisa kamu ganti dengan alamat blogmu
comments bisa kamu ubah dengan "posts" jika yang ingin ditampilkan adalah posting terbaru



Mungkin ada yang mau menyimpan Kode Javascript ini ke hosting sendiri, silahkan di download disini :

Via ZIddu


Semoga trik ini bermanfaat untuk semua, Selamat Mencoba ya.....



Powered Article By :

Pingin Belajar

36 comments:

wah patut di coba sob.. kalau cara membuat statistik visitor gimana sob...thanks

Wah, ini info yang sangat bermanfaat, saya akan coba untuk menerapkannya di blog.

Terimakasih sobat.

Boleh Tau seperti apa Tampilan dari "Recent Comment yang Dimodifikasi".
By the way..Artikel yang menarik mas :k: Terus Berkarya.

@apih yayan : banyak koq,seraching di Google dg keyword "widget,blog,statistic,visitor"...met mencoba ya....

@kwangkx : SIlahkan dicoba semoga bermanfaat,sebarkan trik ini ke sesama blogger tentunya

@pujangga : Silahkan anda bisa lihat contohnya di sisi kanan bawah blog ini
:k:...Semoga blog anda juga tambah sukses...

saya suka blog ini, sangat kreatif sekali...
btw... dengan sangat saya minta author blog ini ( Bang AaGen ) silahkan ganti dulu script JS yang anda gunakan dalam artikel ini dengan script yang anda ciptakan sendiri.
File JS yang saya maksud adalah http://h1.ripway.com/kimiraikkonen/new_comment.js karena saya sudah punya penggalaman dengan File JS, karena suatu waktu File tsb akan Overload...
saya sengaja membuat file JS tsb, hanya untuk saya gunakan sendiri.
Jadi silahkan anda ciptakan sendiri File JS tersebut.
Untuk menciptakannya silahkan baca artikel saya ini http://pinginbelajar.blogspot.com/2009/06/7-artikel-saya-yang-bermasalah.html
saya sangat suka anda sudah memberi penjelasan seperti ini kepada blogger yang lainnya, sehingga nanti jika ada visitor sy yg bertanya tentang recent comment, saya akan langsung rujuk meluncur ke blog anda ini.
teruslah berkarya dan selalu mau berbagi

trims
salam
[ Uda ]

@ UDa : Siap Uda,Kode Javascriptnya sudah diganti,Thanks atas masukannya.Saya baru ingat klo nanti bisa terjadi overload.....:g:

Oia Lupa...:a: dah diizinkan untuk kode JSnya buat dimasukkan ke artikel saya

saya suka atikel yang tutorial seperti ini,...nice posting.:n:

@setiawan : Thanks atas apreciate nya

huehehehe... inpo yang bagus nie mas....

aku berdo'a semoga di masa yang akan datang blog mu menjadi yang terdepan

Wah, ini info yang sangat bermanfaat, saya akan coba untuk menerapkannya di blog.

nice info bro.. :g:

bro.. ada award dari ane nih.. diambil yaa.. :D

http://id.latuminggi.com/2009/06/share-and-dedication-awards-2009-untuk.html

makasihhhhhhhhhhhhhh
ya walaupun setengah ngerti.........
hehehehhe
http://img3.imageshack.us/img3/9077/pinginbelajar26.gif

wah rupanya peggemar pingin belajar ya
saya juga
emotikonnya muncul ya :k:

Hi saya baru ke blog ini. Saya melihat beberapa contoh I like yours.

Info menarik bro...
dan bermanfaat ni..
lgsng ke tkp, mau coba!!

Contohnya ky diblog ini ya mas?thanks ya :g:

:i: keren mas OK bgt makasih ya

thank bos, udah aku praktekan en langsung jadi

thanks bos for infonya.
please visit : http://www.iklankoran.net

wah mas Blog nya Inovativ n gmn tuh cara buat emotion unik kayak gtu hehehhee
mampir mas :k:

Oke mas, makasih banget infonya, saya akan coba segera, buat blog saya. Postingan lagi ya., ditungu

salam kenal om.. yg ingin saya tanyakan, gmn caranya buat para pengunjung yang mau kasih komentar gak harus punya account .tks a/ jawabannya

bermanfaat sangat.. *walau masih bingung*
:g:

good luck ja bro........

nice sharing teman... langsung coba dan ijin sedot....
salam kenal dari Tutorial After Effect

Post a Comment