27 February, 2011

Belajar SEO - Teknik Dasar yang Manjur

Sebelumnya kita sudah mengetahui tentang pengertian dan sejarah awal dari SEO. Sekarang saya akan membahas tentang teknik SEO yang bisa anda terapkan dalam meningkatkan peringkat blog di mesin pencari semisal Google.

Teknik SEO ini merupakan modal anda dalam belajar SEO ibarat seseorang yang akan memperbaiki sebuah mobil, jika tidak memiliki teknik dasar maka mustahil mobil itu dapat diperbaiki. Sama halnya dengan SEO, jika anda ingin melihat blog anda di peringkat satu (1) di Google maka anda wajib memiliki tekniknya.
Menurut saya ada dua (2) teknik SEO yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan blog anda :
  • Teknik On-Site
On-Site merupakan teknik SEO yang dilakukan agar tampilan web/blog anda menjadi lebih baik dari segi desain, isi, maupun tema web/blog itu sendiri. Dalam menerapkan teknik On-Site, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses yang anda jalani tidak sia-sia, diantaranya adalah :
  1. Blog yang anda buat perlu diperhatikan dengan benar mengenai tema blog yang sesuai dengan perkembangan saat ini. Anda boleh blogwalking ke blog tetangga, portal media online (semacam detik.com) atau forum yang banyak dikunjungi orang (seperti Kaskus.us). Lihat topic atau tema apa yang sedang marak diperbincangkan saat ini.
  2. Buatlah blog yang sederhana namun padat isi. Disarankan jangan terlalu banyak memasang aksesoris blog karena akan memperlambat blog anda pada saat dibuka oleh pengunjung.
  3. Update blog anda secara teratur. Mesin pencari akan senang jika blog anda selalu diupdate ibarat wanita yang selalu memperhatikan cara berpakaian, jika terlihat kumal mungkin tidak ada cowo yang akan mendekati.
  4. Buatlah sitemap agar dapat dikenali oleh mesin pencari. Biasanya bentuk ekstensi yang dipakai untuk para blogger adalah rss.xml atau atom.xml .
  5. Buatlah setiap halaman blog mempunyai judul dan tema yang unik dari blog lain.
  • Teknik Off-Site
Off-Site merupakan teknik SEO dengan membangun banyak link / pengunjung datang ke blog kita. Banyak cara untuk membangun banyak link, diantaranya dengan mengirimkan sebuah link melalui komentar pada blog, buku tamu, dan dari chatting yang biasa disediakan oleh pemilik web/blog. Yang harus diperhatikan untuk teknik Off-Site adalah sebagai berikut :
  1. Submit artikel ke dalam direktori artikel. Saat ini banyak web yang menampung untuk artikel yang akan dibaca orang lain.
  2. Selain artikel, blog anda juga harus didaftarkan ke direktori web. Banyak direktori web yang beredar untuk mempermudah blog anda terindeks di mesin pencari.
  3. Kampanyekan link blog anda dengan cara melakukan pertukaran link antar pengguna blog.
  4. Rajinlah berolahraga “blogwalking” dengan cara menaruh komentar ataupun melakukan chatting yang disediakan pengguna blog lain.
  5. Aktiflah dalam forum diskusi yang membicarakan tentang isi dari blog anda.

5 comments:

wah lumayan juga nih mas. tapi yang ogah tuh blogwalkingnya. hehe.


salam.

assalamualaikum,
wah bener banget ini.
teknik dasar ini memang harus dilakukan kalo ingin sebuah blog mendapat posisi bagus di hasil pencarian search engine :)
terima kasih untuk postingan yang bermanfaat ini
salam hangat

kangmusa

@Quantum Artikel : Semoga setelah anda membaca artikel ini menjadi rajin blogwalking...

@KangMusa : Waalaikumussalam,
Semoga bermanfaat

Nice blog, bro..
Salam kenal

Post a Comment