27 February, 2011

Belajar SEO - Pengertian dan Sejarah Awal

Apa yang terlintas pada saat anda mendengar kata SEO ? Tapi apakah anda sudah mengerti arti SEO itu apa ? Bagi sebagian blogger hal ini tidaklah asing, namun bagi mereka yang baru belajar blog minimal harus mengerti SEO itu seperti apa. Dari singkatan SEO itu kepanjangan dari Search Engine Optimization atau jika dirubah ke bahasa kita adalah Optimasi Mesin Pencari.

Menurut Wikipedia, SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Jadi SEO bisa juga dikatakan Cara atau teknik optimasi website agar mudah ditemukan oleh mesin pencari dengan tujuan agar jumlah kunjungan terhadap suatu website dapat terus meningkat. Atau yang lebih sederhana lagi, SEO merupakan salah satu cara untuk meningkatkan peringkat di search engine, dimana semakin peringkatnya teratas maka kemungkinan web tersebut akan diklik dan dikunjungi oleh para pengguna internet akan semakin besar.

Menurut Danny Sullivan, Isitilah SEO pertama kali digunakan pada 26 Juli Tahun 1997 oleh oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Perkembangan pun semakin cepat untuk SEO ini termasuk Google yang sampai saat ini paling digemari oleh para pengguna internet untuk wadah meningkatkan websitenya masing-masing. Google memiliki aplikasi yang bisa dipakai dengan gratis untuk mencoba meningkatkan peringkat web anda, yaitu “Google Webmaster Tool”. Yahoo pun tidak ketinggalan dengan membuat program serupa yaitu “Yahoo Site Explorer”

Teknik SEO yang digunakan oleh para blogger/netizen beragam. Menurut saya ada dua (2) teknik SEO yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan web/blog anda :
  • Teknik On-Site
On-Site merupakan teknik SEO yang dilakukan agar tampilan web/blog anda menjadi lebih baik dari segi desain, isi, maupun tema web/blog itu sendiri.
  • Teknik Off-Site
Off-Site merupakan teknik SEO dengan membangun banyak link / pengunjung datang ke blog kita. Banyak cara untuk membangun banyak link, diantaranya dengan mengirimkan sebuah link melalui komentar pada blog, buku tamu, dan dari chatting yang biasa disediakan oleh pemilik web/blog.

0 comments:

Post a Comment